Contoh Mengirim Press Release ke Media

3 Cara Kirim Press Release ke Media Nasional, Pasti Dipublikasikan!

Contoh Mengirim Press Release ke Media

Cara mengirim press release ke media tidak sesulit yang Anda bayangkan. Media sebenarnya sangat terbuka terhadap kiriman berita Anda di portal mereka.

Namun, seleksinya sangat ketat demi menjaga kualitas konten yang dipublikasikan. Selain itu, siaran pers sering kali bersifat promosi, yang memerlukan tinjauan lebih lanjut.

Anda memiliki setidaknya tiga cara untuk mengirim siaran pers ke media. Ada kemungkinan 50/50 rilis, beberapa akan 100% dirilis. Metode mana yang Anda gunakan tergantung pada pilihan Anda.

Bagaimana cara mengirimkan siaran pers ke media nasional

Media nasional biasanya menjadi pilihan utama karena jangkauannya yang luas. Siaran pers Anda juga dapat dikirim secara khusus ke media regional.

Simak beberapa cara mengirimkan press release ke media massa berikut ini.
1. Mengirim siaran pers ke media melalui editor email

Setiap portal berita harus menyertakan email editorial pada halaman kontak. Salah satu fungsinya adalah agar masyarakat secara mandiri dapat mengirimkan berita dan siaran pers.

Ini adalah contoh halaman kontak media. Biasanya ada alamat email editorial yang bisa Anda hubungi.

Siaran pers yang Anda kirim ke editor media mungkin tidak dapat dibaca. Coba ikuti trik di bawah ini agar email Anda diberi tahu oleh editor.

Buat subjek email yang unik, pendek, dan dapat diklik saat Anda bersaing dengan ratusan email setiap hari.
Buat email yang terasa lebih personal, misalnya dengan sapaan: “Salam Mas Danu, semoga sehat selalu di masa pandemi ini. Jadi begini…”
Cantumkan isi siaran pers di badan email dengan urutan yang baik dan benar.

Keuntungan dari metode ini adalah tidak diperlukan pembayaran. Jika tidak berhasil, coba kirimkan siaran pers melalui orang dalam.

Maksud saya… meminta bantuan wartawan dari media terkait.
2. Minta bantuan wartawan untuk pelaporan dan publikasi

Cara termudah adalah dengan melobi wartawan secara langsung. Mungkin Anda punya saudara atau teman jurnalis, coba hubungi dia.

Jika tidak memilikinya, berarti Anda harus memiliki koneksi dengan wartawan terlebih dahulu.

Bergabunglah dengan kelompok jurnalis atau jurnalis di media sosial dan di kehidupan nyata. Kumpulkan kontak mereka, bangun lanskap dan komunikasi yang baik.

Wartawan juga dituntut untuk mencari tahu tentang berita setiap hari dan mempublikasikannya. Jadi setidaknya Anda bisa membantu mereka juga dengan menyediakan sumber berita.

Kemungkinan terbitnya lebih besar, tapi kalau dipikir-pikir terlalu melelahkan ya, kalau mau mempublikasikan press release di banyak media sekaligus? Apakah ada solusi lain?
3. Layanan Penerbitan Media Online

Jawaban atas kekhawatiran Anda adalah layanan press release untuk publikasi di media online.

Tidak hanya itu, publishingsmedia.com & broadcasters.co.id akan membantu artikel Anda dipublikasikan di media nasional. Satu tempat atau banyak, Anda dapat memutuskan sendiri.

Apakah itu dibayar? Tentu saja, karena Anda mendapatkan hak istimewa yang luar biasa, pasti ada biaya yang harus dikeluarkan. Harga mulai dari Rp 1.000.000 untuk satu medium.

Anda tidak perlu lagi menghubungi editor media satu per satu, karena agensi press release memiliki akses ke semua media nasional.

Manfaat lain yang Anda dapatkan adalah:

membantu dalam membuat konten berkualitas,
Artikel harus muncul di media yang diinginkan,
Laporan pemantauan paparan.

Cara termudah untuk mempublikasikan siaran pers

Ketiga metode tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Perbedaannya terletak pada efisiensi waktu dan keamanan.

Namun, karena siaran pers biasanya memiliki tenggat waktu, sebaiknya pilih cara mengirim siaran pers ke media yang aman. Menggunakan layanan penerbitan media online adalah pilihan yang cerdas.

Sumber :